Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Imlek


Selamat tahun baru imlek buat yang merayakan! *niup terompet*
Gong xi fat coi, angpaonya coi~

Imlek tahun ini gak berbeda sama tahun-tahun sebelumnya, iya gua sendiri. (baca: jomblo) Tapi di sisi lain, pendapatan gua emang lebih gede daripada yang pacaran. +1. Dan semakin tua kita, semakin dikit juga uang yang kita dapet di hari raya ini. Iya, berbanding terbalik. Kemarin, gua liat 2 orang anak kecil berantem.
Gua juga liat ternyata di sana nggak ada yang misahin mereka. Lalu gua samperin aja mereka sambil teriak "PUKUL!, PUKUL! PUKUL!" Bukannya misahin malah bikin panas aja ya gua. Sifat anak kecil ini juga berbanding terbalik dengan sifat orang remaja/dewasa. Anak kecil kalo ribut langsung terang-terang an. Beda sama orang remaja yang diem-dieman. Contoh:

Anak Kecil
‘Apa lo? Berani sama gua?’ kata anak kecil 1
‘Siapa takut, (nyebut nama bapaknya)’ kata anak kecil 2. Lalu mereka berdua cakar-cakaran, menangis, dan besoknya baikan.

Remaja:
‘(Ngetweet “Cukup tau aja”)’ kata remaja 1
‘(Ngeliat tweet nya) Ooh, si ini benci sama gua ya’ kata remaja 2. Remaja 1 dan 2 pun diem-dieman.

Kesimpulannya: Makin tua seseorang, makin tertutup juga sifatnya. 
Dunia emang udah berputar, tugas kita tinggal menjilat dan mencelupkannya. Eh itu iklan oreo, ya. Ngomong-ngomong soal iklan juga, gua bingung dengan iklan susu beruang. Susu sapi, iklan naga, nama susu beruang. Aneh.

Cukup ngomongin soal iklannya. Sekarang, gua pengin ngasih tau hal-hal yang bisa kita lakukan saat imlek:

1. Ngucapin Salam
Iya, ini yang pertama gua lakuin saat bangun tidur. Seperti hari-hari biasa, kalo ketemu orang minimal ngucapin salam lah. Bedanya di Imlek, ngucapin salam khas kalo hari raya Imlek-an, lalu tinggal cengengesan nungguin angpao-nya. Licik. Kalian pasti pernah kayak gini juga.

2. Mandi
Iya walaupun Imlek, ya tetep aja jangan lupa mandi dong. Malu sama orang-orang yang lain. Yang lain mandi, eh kita malah nggak. Dan diwajibkan juga mandinya pake air bersih ya, bukan mandi pake asam sulfat atau air belerang. Sangat nggak dianjurkan.

3. Berkunjung Ke Rumah Saudara
Ini juga nggak boleh dilewatin, selain tujuannya silahturami dan menjalin ikatan biar lebih harmonis, tujuan yang lainnya pasti tau kan? Iya, angpao. Licik lagi. Tapi ya licik buat kebaikan kita sendiri... eh namanya tetep licik ya. Gapapa lah, setaun sekali.

4. Makan
Nah, saat kita berkunjung ke rumah saudara, pasti di sana disiapin makanan ringan/cemilan gitu. Sebagai orang yang menghargai orang lain (udah disiapin makanan), bolehlah kita menghabiskannya. Kue keranjang adalah salah satu makanan khas pas imlek ini.

5. Minta Angpao
Nah ini tujuan utama dari post ini. Imlek hambar rasanya kalo nggak dapet angpao. Tapi ya seperti gua bilang tadi, semakin tua kita, ya makin dikit angpao yang kita dapet. Semuanya berputar, dari kita yang dapet angpao ini, sampai ada saatnya kita yang harus memberikan angpao.

Sekian postingan gua tentang hal-hal yang dapat dilakukan saat imlek. Happy Chinese New Year 2016!

Komentar

Postingan Populer