Awal StandUp

‘HAHAHAHAHAHAHAHAHA!!!!!!!’ terdengar suara ketawa gede banget dari kamar sebelah bikin gua penasaran
‘nonton apaan lu pada’ Tanya gua ke beberapa temen yang lagi nonton
‘ini Ky stand up comedy raditya dika’ jawab Alif yang juga lagi nonton ‘sini Ky, lucu’ ajak dia
Itulah pertama kali Alif gua tau stand up comedy (tahun 2011), ‘seru ya’ itu yang ada di kepala gua waktu nonton video Radit. Gua rasa banyak komik Indonesia yang juga mengenal stand up comedy lewat video itu.
Beberapa bulan kemudian BNB ngadain acara pentas seni tahunan dalam rangka ngerayain Milad. Di acara itu, setiap komisariat wajib ngasih minimal satu penampilan. Sama kaya tahun sebelumnya, gua diminta komisariat buat jadi perwakilan untuk ngisi di acara milad. Tahun sebelumnya gua ngisi acara dengan format hypnosis (nanti gua ceritain ini di postingan selanjutnya).
Awalnya gua kebingungan harus ngisi apa, banyak saran dari temen mulai dari nyanyi, maen gitar, dance, baca puisi, panjat pinang, debus, berenang, terjun payung, masak mie, dll. Tapi semua saran itu cuma masuk kuping kanan keluar tol jagorawi. Sampe akhirnya gua ngobrol sama Alif.
‘Ky lu nampil stand up comedy aja’ saran Alif
‘waduh, boleh juga tuh li’ jawab gua tertarik.
‘ngomongin apaan ya?’ Tanya gua ke Alif.
‘ngomongin asrama aja Ky, sama ngatain anak-anak yang suka betak sendal’ Alif ngasih saran lagi.
‘boleh tuh, sama ngomongin si Imam yang beraknya suka nggak disiram, tapi lu bantuin gua ya bikin materinya’ minta gua kali yang kemudian di-iya-kan.
Singkat cerita, penampilan gua malam itu disambut dengan sangat baik. Dua minggu kemudian gua dapet undangan dari salah satu caafe buat stand up. Tanpa mikir panjang, langsung gua iya-in, karna emang dasarnya gua ini banci panggung.
Tapi kali itu nasib buruk yang nyamperin gua, lima belas menit gua tampi di panggung, dan selama itu pula gua di sambut dengan bibir yang tertutup rapat. nggak ada satupun orang yang ketawa dengerin omongan gua. Mereka cuma ngeliatin dengan tatapan yang seakan-akan ngomong ‘ini orang ngapain sih?’
Satu tahun lebih gua sama sekali nggak nyentuh stand up comedy. Sampe akhirnya gua nonton metro tv, acara stand up comedy show. Entah kenapa seakan-akan di kepala gua bilang lagi ‘seru ya’. Dari situ muncul keinginan buat masuk lagi ke dunia stand up comedy.
Dulu, gua yang adalah seorang kaskuser (waktu masih old kaskus), ngubek2 kaskus nyari komunitas stand up comedy. Beberapa jam gua cari, akhirnya gua nemu komunitas stand up kaskus yang ngadain open mic setiap malam minggu di kemang (lain kali gua ceritain detailnya, gua cari dulu video stand up gua yang ngebom parah). Dari situ gua tau ternyata ada banyak komunitas stand up comedy di Indonesia.
Singkat cerita gua mulai muter-muter dari komunitas ke komunitas, gua bisa open mic tiga sampe empat kali dalam seminggu. Sampe gua pernah disebut komik keliling sama beberapa temen. Mulai dari nggak lucu sampe nggak lucu banget.
Ikut beberapa lomba, ada yang menang, banyak juga yang kalah. Ada yang dapet senengnya, ada juga yang abis ikut lomba malah dibilang plagiat sama salah satu oknum komunitas (yang akhirnya terselesaikan). Komik professional yang pertama kali baek sama gua itu @dim_zy, gua rasa emang dia baek ke semua orang.
Buat gua keberuntungan itu adalah ketika kesempatan bertemu dengan kemampuan. Kesempatan bisa dicari, kemampuan bisa diasah. Dari dulu yang gua percayai adalah ‘usaha akan selalu berbanding lurus dengan hasil’ itulah ‘man jadda wajada’.

Dan gua pengen banget ngucapin banyak trimakasih buat temen-temen BNB yang ngedukung gua ikut stand up comedy khususnya Imam dan Alif (dia nggak punya twitter, masih maen facebook). Anak-anak jurusan yang dengerin gua dari nggak lucu sampe nggak lucu banget, yang dateng dari pre-show sampe tiga besar. Dan terimakasih terbesar buat kang @juipurwoto yang udah sabar ngajarin gua stand up.

Komentar

Postingan Populer