Belajar Stop Motion

Baru-baru ini, gua lagi tertarik sama salah satu teknik animasi yang bernama StopMotion. Sebelumnya gua udah sering nonton sih video-video StopMotion di YouTube. StopMotion sendiri ini adalah salah satu teknik dasar dalam animasi. Di mana objek/benda digerakkan secara manual dan dipindahkan secara perlahan. Kemudian, setiap digerakkan secara perlahan, objek/benda tersebut harus diambil gambarnya (difoto) dan disusun secara berurutan. Nah, biar keliatan bergerak layaknya animasi, gambar-foto yang diambil digabungin semua jadi satu, terus diatur kecepatannya.

Kecepatannya juga macem-macem. Misalnya nih, untuk durasi film 1,5 menit (90 detik) pada kecepatan 25 fps (frame per second), jumlah foto yang harus diambil adalah 2.250. Tiap 1 detik = 25 foto. Setelah semuanya dirangkai jadi sebuah video, biar menarik, tinggal ditambah musik, jadi deh StopMotion.

Tau film "Shaun The Sheep"? Nah, itu adalah salah satu bentuk animasi StopMotion. Filmnya digarap dengan sangat teliti dan sangat detail. Domba, perkebunan, mobil, dan objek-objeknya disusun sedemikian rupa. Gerakan seperti berjalan, berlari, melompat juga disusun sampe keliatan halus banget. Pembuatannya? Nggak usah ditanya, pasti capek dan makan banyak waktu.

StopMotion = Gerak dikit - foto - gerak dikit - foto - gerak dikit - foto - dst.

Gua iseng nyoba bikin StopMotion. Awalnya niat itu datang secara tiba-tiba, pas gua lagi mau makan cokelat. Gua kepikiran, kenapa ini nggak gua jadiin StopMotion aja, ya? Kan siapa tau, hasilnya bagus. Gua langsung buat deh videonya. Kira-kira yang ini cuman makan 50-60an foto. Kemudian langsung gua upload diInstagram


Gua jadi ketagihan, hari itu juga, gua langsung buat StopMotion Rubik's. Jadi ceritanya, StopMotion itu berisi rubik yang diselesaikan dari keadaan teracak. Makan sampe 300an foto. Sayang, Instagram punya batas video 15 detik. Terpaksa gua cepetin jadi sekitar 10 fps biar bisa masuk semua.

Nah, makin lama gua makin ketagihan. Gua bikin StopMotion lagi. Konsepnya gua lagi gambar buku gua di kertas, terus pas udah jadi, buku gua muncul beneran deh. Ini makan sekitar 250an foto, plus tangan gua pegel gambarnya. Niat awalnya sih pengen gua gambar pelan-pelan sampe jadi. Tapi karena udah pegel duluan, jadinya gua gerakin tangan gua nutupin buku dari kiri ke kanan, terus langsung jadi. Biar kesannya kayak sulap, padahal mah tangan pegel.



Kalo mau buat StopMotion itu yang penting NIAT dan SABAR. Niat biar kita bisa mulai membuatnya. Sabar karena membuatnya itu lama dan makan waktu. Plus pegel. StopMotion paling pegel yang pernah gua buat itu yang rubik. Iya, karena emang baru buat 3 video StopMotion, dan yang paling lama itu yang rubik. Tangan kiri gerakin rubik, tangan kanan megang hape siap-siap foto. Begitu terus. Nggak jarang, gua malah lupa rumus nyelesain rubiknya karena harus gerakin pelan-pelan, terus difoto dulu.

But, I enjoyed this so much.

***

Gua suka sama video StopMotion-nya Bena yang pake kaki. Itu buatnya pasti lama banget. Seharian. Salut deh sama Bena. Videonya keren, kreatif, dan menghibur. Pas gua lagi asik bahas StopMotion di twitter, followers pada merekomendasikan gua untuk nonton video StopMotion Aulion. Pertama kali nonton video StopMotion-nya, gua langsung kagum sendiri. Keren banget, bro!



Komentar

Postingan Populer